Sunday, May 22, 2011

Sejarah singkat Indonesia


 

Sejarah singkat Indonesia

Orang-orang pertama di Indonesia tiba sekitar 40.000 tahun yang lalu ketika permukaan laut lebih rendah dan itu bergabung ke Asia melalui jembatan tanah. Kemudian pada akhir zaman es terakhir sekitar 10.000 SM gelombang baru orang datang. Pada awalnya mereka berburu binatang, kerang dikumpulkan dan tanaman berkumpul untuk makanan. Dengan sekitar 2.500 SM mereka belajar untuk tumbuh tanaman seperti talas, millet pisang, dan nasi. Para petani awal juga membuat gerabah tetapi semua alat-alat mereka terbuat dari batu.
Namun dengan 700 SM orang Indonesia telah belajar untuk membuat perunggu dan besi.. Selanjutnya pada waktu itu budidaya sawah diperkenalkan. Indonesian, desa-desa Indonesia dipaksa untuk bekerja sama untuk mengatur pasokan air untuk ladang mereka.Dalam waktu kerajaan terorganisir muncul.
Dari sekitar 400 SM Indonesia diperdagangkan dengan negara-negara lain seperti China dan India .
Hindu dan Budha juga diperkenalkan ke Indonesia dan mereka mengambil rute.
Pada abad ke-8 M peradaban Indonesia berkembang.Di antara kerajaan adalah sebuah kerajaan Hindu di Jawa Tengah disebut Sailandra. Ada juga kerajaan besar Budha Sriwijaya di Sumatra selatan. Dari abad ke-7 hingga abad ke-13 Sriwijaya makmur dan itu menjadi sebuah kerajaan maritim mengendalikan Jawa bagian barat dan bagian dari Semenanjung Melayu. Ini juga merupakan pusat pembelajaran Buddhis.
Namun pada abad ke-13 Kerajaan Sriwijaya pecah menjadi negara terpisah.
Sementara Islam dibawa ke Indonesia oleh pedagang India. Terlebih dahulu memperoleh tumpuan di Aceh di Sumatera utara dan dalam mengikuti abad itu menyebar melalui seluruh Indonesia.
Namun pada abad ke-13 dan 14 kerajaan Hindu berkembang. Itu disebut Kerajaan Majapahit. Perusahaan ini didirikan pada 1292 dan segera bangkit untuk mendominasi sebagian besar wilayah Indonesia.. Namun pada awal abad ke-15 Kekaisaran Majapahit masuk ke penurunan cepat.
Kolonial Indonesia
Pada awal abad ke-16 Portugis datang di Indonesia. pada waktu itu ada permintaan besar di Eropa untuk rempah-rempah seperti pala, jahe, kayu manis, cengkeh dan pala. keuntungan besar dapat dilakukan dengan mengangkut mereka ke Eropa dan menjualnya. Portugis karena itu memutuskan untuk merebut Maluku, sumber utama rempah-rempah. Pada tahun 1511 mereka ditangkap Melaka, pelabuhan Moluccas. Mereka juga ditangkap Maluku.
Namun pada awal abad ke-17 Portugis kehilangan posisi mereka ke Belanda. Armada Belanda yang pertama berlayar dari Belanda pada 1595 di bawah Cornelis de Houtman. Pada tahun 1602 Perusahaan India Timur Belanda dibentuk untuk mengontrol perdagangan dengan Indonesia. Tidore and Ambon Pada 1605 mereka mengambil Tidore dan Ambon dari Belanda. Tahun 1619 perusahaan yang ditangkap  Melaka. Pada 1641 mereka mengambil Melaka. Moluccas. Selama abad ke-17 Belanda secara bertahap kekuasaan mereka diperpanjang Jawa dan Maluku. However they had little influence in the rest of Indonesia. Namun mereka memiliki pengaruh kecil di seluruh Indonesia.
Apalagi selama abad ke-18 Perusahaan India Timur Belanda menyelinap ke utang.  Akhirnya pada tahun 1799 pemerintah Belanda mengambil alih wilayahnya.
Pada tahun 1806 Inggris dan Belanda pergi berperang. Di tahun 1811 di Inggris di bawah Lord Minto berlayar ke Batavia. Inggris segera menangkap semua harta Belanda di Indonesia. Inggris perbudakan dihapuskan dan mereka juga membagi negara menjadi wilayah yang disebut residensi untuk administrasi. Namun pada 1816 Indonesia yang diserahkan Inggris kembali kepada Belanda.
Banyak orang Indonesia menentang kembalinya Belanda. Namun Belanda akhirnya mengalahkan mereka dan kembali kontrol.
Namun pada tahun 1825 Perang Jawa, di Jawa Tengah, dimulai. Hal ini dipimpin oleh Disponegoro Pangeran. Namun perang berakhir dengan kemenangan Belanda pada tahun 1830. Disponegoro Disponegoro pergi ke pengasingan dan meninggal pada tahun 1855.
Selanjutnya pada abad ke-19 orang Belanda memperbesar kekuasaan mereka atas daerah lain di Indonesia. Pada 1825 mereka mengambil Pelambang di Sumatera. Mereka juga berperang dengan Bali pada tahun 1848,, 1849 1858 dan 1868. Namun Bali tidak akhirnya ditaklukkan sampai 1906.
Aceh. Pada tahun 1873 Belanda pergi berperang dengan Aceh. Perang berlangsung sampai 1908. Sementara itu pada tahun 1894 Lombok ditangkap Belanda dan pada tahun 1905 mereka menangkap seluruh Sulawesi.
Sementara Belanda tanpa malu-malu dieksploitasi orang Indonesia. Pada tahun 1830 Belanda memperkenalkan Kultuurstelsel (sistem budaya). petani Indonesia dipaksa untuk menyisihkan 20% dari tanah mereka untuk tumbuh tanaman untuk ekspor.  Mereka hanya membayar sejumlah nominal oleh pemerintah Belanda untuk mereka.  Indonesia dipaksa untuk menanam kopi, nila, teh, lada, kayu manis dan gula. Sebagai hasil dari produksi beras ukuran berkurang.
Namun pada tahun 1870 Belanda beralih ke sistem pasar bebas. Monopoli pemerintah Belanda pada gula dan komoditas lainnya telah berakhir. perkebunan Swasta diciptakan.. Namun Indonesia tidak selalu lebih baik. Sekarang mereka bekerja sebagai kuli di perkebunan besar.
Pada awal abad 20 Belanda memutuskan untuk mengobati orang Indonesia lebih adil.  Mereka memperkenalkan apa yang mereka sebut politik etis. Ini berarti membangun sekolah dan uang belanja pada kesehatan, sanitasi perawatan dan irigasi. Namun kebijakan baru tak banyak berpengaruh pada kehidupan kebanyakan orang Indonesia.
Walaupun begitu, berarti bahwa setidaknya sebagian masyarakat Indonesia menjadi sangat berpendidikan dan akrab dengan ide-ide barat seperti liberalisme dan sosialisme. Sebagai hasil dalam gerakan nasionalis awal abad ke-20 dibentuk di Indonesia. Mereka mulai berteriak-teriak untuk kemerdekaan.
Kemudian pada tahun 1940 Jerman diduduki Belanda.. Pada tahun 1942 Jepang menyerbu Indonesia. Pasukan Belanda terakhir menyerah pada tanggal 8 Maret 1942.  Pada awalnya orang Indonesia menyambut Jepang sebagai pembebas. Namun mereka segera tumbuh kecewa. Orang Jepang brutal dan kejam mereka dieksploitasi sumber daya Indonesia.
Namun ketika Jepang kalah perang yang mereka mulai mendukung kemerdekaan Indonesia, berharap untuk membuat Indonesia sekutu mereka.
Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945. nasionalis Muda Indonesia bertekad untuk menegaskan kemerdekaan negara sebelum Belanda bisa kembali. Sekelompok mereka menculik dua pemimpin nasionalis Sukarno dan Hatta. Pada tanggal 17 Agustus Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Ia menjadi presiden pertama dan Hatta menjadi wakil presiden.
Namun Belanda tidak bersedia membiarkan Indonesia pergi begitu mudah. Pada pasukan Inggris pertama kali mendarat di Indonesia. Mereka mencoba untuk tetap netral meskipun ada bentrokan bersenjata antara Inggris dan Indonesia di tempat.
Namun pada bulan November 1946, Inggris sudah pergi dan Belanda telah mendarat banyak pria di Indonesia. Di bulan November, Indonesia dan Belanda menandatangani perjanjian Linggarjati. Belanda mengakui republik baru, tetapi hanya di Jawa dan Sumatra. Mereka masih mengklaim seluruh Indonesia. Selanjutnya perjanjian tersebut disebutkan bahwa republik ini akan bergabung dengan serikat federal dengan Belanda pada tahun 1949.
Tidak mengherankan tidak ada pihak senang dengan perjanjian. Belanda membangun kekuatan mereka dalam upaya untuk merebut kembali seluruh Indonesia. Pada musim panas tahun 1947 mereka menyerbu daerah independen. Namun mereka terpaksa mundur, sebagian karena perlawanan Indonesia dan sebagian karena kutukan internasional yang kuat (khususnya oleh AS).
Pada bulan Desember 1948 Belanda berusaha merebut kembali Indonesia. Kali ini Indonesia berubah menjadi perang gerilya dan mereka berhasil. Belanda menghadapi kecaman keras dari kekuatan seperti Amerika Serikat dan mereka menyadari mereka tidak bisa memenangkan perang. Akhirnya pada tanggal 2 November 1949 Belanda sepakat untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. pasukan mereka mundur pada bulan Desember 1949.



Moderen Indonesia
Di Indonesia independen pertama adalah demokrasi parlementer. Namun pada bulan Februari 1957 Presiden Soekarno memperkenalkan sistem politik baru, yang ia sebut 'Demokrasi Terpimpin'. Kekuatan parlemen berkurang dan kekuatan sendiri itu sangat meningkat. lawan-Nya membentuk 'parlemen' terpisah disebut PRRC (Pemerintah Revolusioner Republik)  Namun tentara tetap setia kepada Soekarno dan ia tinggal di kekuasaan.
Sementara pada Oktober 1957 tentara mengambil alih perusahaan Belanda yang tersisa di Indonesia. As a result the army grew wealthy. Akibatnya tentara tumbuh kaya
Kemudian pada awal 1960-an perekonomian tersendat. There was very rapid inflation. Ada inflasi yang sangat cepat.
Pada bulan September 1965, Komunis berusaha kudeta di Indonesia. Mereka membunuh sejumlah jenderal. Mereka juga menyita titik-titik strategis di Jakarta. Namun Jenderal Suharto cepat mengambil tindakan. Kudeta itu hancur. Suharto diberikan kekuasaan oleh Presiden Soekarno untuk memulihkan ketertiban. Setelah kudeta Suharto ditangkap dan dieksekusi sejumlah besar komunis.
Namun Sukarno kehilangan dukungan dan pada tanggal 11 Maret tahun 1966 ia ditandatangani di atas kekuasaan presiden untuk Soeharto. Suharto memerintah sebagai seorang diktator (walaupun ada pemilu diselenggarakan setiap lima tahun demokrasi adalah fasad). Namun Soeharto membawa stabilitas dan di bawah dia perekonomian Indonesia puli
Dari tahun 1960-an cadangan minyak di Indonesia dieksploitasi. Setelah 1973 Indonesia diuntungkan dari tingginya harga minyak. Pertanian juga menjadi jauh lebih produktif.
Namun kebanyakan orang Indonesia tetap miskin dan pada tahun 1997 Indonesia dilanda krisis keuangan. Akibatnya perekonomian dikontrak. Indonesia dilanda kerusuhan dan Suharto mengundurkan diri pada Mei 1998. Demokrasi kembali ke Indonesia dengan pemilihan umum, yang diselenggarakan pada tahun 1999.
Pada tahun 2004 Susilo Bambang Yudhoyno terpilih menjadi Presiden Indonesia.
Pada awal abad ke-21 ekonomi Indonesia mulai pulih dan pada tahun 2007 ini tumbuh sebanyak 6% per tahun. Jadi tidak ada alasan untuk optimis tentang masa depan Indonesia.
Hari ini penduduk Indonesia adalah 242 juta.



Sistem Pemerintahan
Indonesia adalah sebuah republik berdasarkan UUD 1945 memberikan untuk pemisahan, legislatif, dan yudikatif kekuasaan eksekutif. restrukturisasi substansial telah terjadi sejak pengunduran diri Presiden Suharto pada tahun 1998 dan administrasi transisi Habibie pendek, pada tahun 1998 dan 1999. Pemerintah Habibie membentuk undang-undang reformasi politik yang secara formal membuat peraturan baru untuk sistem pemilu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rakyat Majelis Permusyawaratan (MPR), dan partai politik tanpa mengubah UUD 1945 Indonesia. Setelah reformasi, konstitusi sekarang membatasi presiden untuk dua istilah di kantor.

Indonesia mengadopsi sistem legislatif bikameral setelah pembentukan DPD (Dewan Perwakilan Daerah), yang pertama kali terpilih pada tahun 2004. DPD terdiri dari empat wakil dari masing-masing Indonesia's 33 provinsi. Walaupun dapat membuat proposal dan menyerahkan pendapat tentang hal-hal legislatif mengenai daerah, tidak memiliki kekuatan untuk membuat undang-undang. MPR ini terdiri dari baik DPD dan DPR. MPR memiliki kekuatan untuk melantik dan memberhentikan presiden (atas rekomendasi DPR). Ketua MPR saat ini adalah Taufik Kiemas (dari oposisi Partai PDI-P) dan Ketua DPR Marzuki Alie (dari Partai Demokrat berkuasa). Speaker ini dan speaker wakil empat untuk DPR dan MPR mengambil posisi mereka pada tanggal 5 Oktober 2009. Partai terbesar di DPR, sekarang Presiden Yudhoyono Partai Demokrat, mengisi posisi DPR speaker berpengaruh.

Presiden, dipilih untuk masa 5 tahun, adalah pemerintah atas dan tokoh politik. Presiden dan wakil presiden dipilih oleh suara rakyat untuk pertama kalinya pada tanggal 20 September 2004. Sebelumnya, MPR dipilih presiden Indonesia. Pada tahun 1999, MPR yang dipilih Abdurrahman Wahid, juga dikenal sebagai Gus Dur, sebagai Presiden keempat. MPR dihapus Gus Dur pada Juli 2001, kemudian segera menunjuk Wakil Presiden Megawati Sukarnoputri sebagai Presiden kelima. Megawati membawa sejumlah stabilitas ke Indonesia, namun ada kekhawatiran atas kemajuan dalam pemberantasan korupsi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pada tahun 2004, Susilo Bambang Yudhoyono terpilih untuk menggantikan Megawati. Ia terpilih kembali pada 2009.

Presiden, dibantu oleh kabinet yang ditunjuk, memiliki kewenangan untuk melakukan administrasi pemerintah.

Presiden Yudhoyono Partai Demokrat (PD) memiliki 145 dari 560 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), sehingga partai politik terbesar diwakili dalam badan legislatif tersebut pada September 2009. Partai Demokrat memiliki koalisi dengan empat partai Islam terbesar. Koalisi ini menguasai mayoritas kursi di DPR. Majelis Permusyawaratan
Rakyat (MPR) memiliki 692 anggota, termasuk 560 anggota DPR dan 132 wakil dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sejak tahun 2004, warga telah memilih legislator untuk DPR dan DPD, namun suara mereka didasarkan pada sistem daftar partai. Hal ini memastikan bahwa elit partai, ditempatkan di bagian atas daftar calon partai, yang terpilih ke kantor. Pada tahun 2009, sebuah "suara mayoritas menang" sistem memungkinkan para pemilih untuk pertama kalinya langsung menempatkan calon yang memenangkan pluralitas suara ke kantor.

Sebelum tahun 2004, beberapa kursi legislatif telah dicadangkan untuk wakil dari angkatan bersenjataPihak militer telah menjadi kekuatan politik yang signifikan sepanjang sejarah Indonesia, meskipun telah menyerahkan peran formal politik pada tahun 2004. Angkatan bersenjata membentuk lingkungan politik dan menyediakan kepemimpinan bagi Orde Baru Suharto dari waktu yang berkuasa setelah pemberontakan 1965 yang gagal. perwira militer, terutama dari tentara, adalah penasihat kunci untuk Suharto dan Habibie dan memiliki pengaruh besar terhadap kebijakan. Dengan konsep fungsi ganda ("dwifungsi"), militer menegaskan peran berkelanjutan dalam urusan sosio-politik. Konsep ini digunakan untuk membenarkan penempatan pejabat dalam birokrasi sipil di semua tingkat pemerintahan dan di legislatif regional dan nasional. Meskipun militer mempertahankan pengaruh dan merupakan salah satu lembaga yang benar-benar nasional saja, mulai reformasi demokratis di seluruh dilembagakan sejak tahun 1999 dihapuskan "dwifungsi" dan berakhir pasukan formal 'keterlibatan bersenjata dalam administrasi pemerintahan. Polisi telah dipisahkan dari militer, semakin mengurangi peran militer langsung yang dalam hal pemerintah. Pengendalian militer oleh pemerintah terpilih secara demokratis telah diperkuat.

Sebagai reaksi terhadap's sentralisasi kekuasaan Soeharto dan mencerminkan historis sentimen independen, Hasan di Tiro mendirikan Gerakan Aceh Merdeka (Gerakan Aceh Merdeka, GAM) pada bulan Desember 1976 untuk mencari kemerdekaan untuk Aceh. Beberapa 15.000 tewas dalam konflik militer di Aceh selama beberapa dekade berikut 3. Melalui pembicaraan damai yang dipimpin oleh mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari, perjanjian damai antara GAM dan Pemerintah Indonesia yang diberikan-berkisar otonomi luas untuk Aceh telah ditandatangani pada 15 Agustus 2005. Pada Desember 2005, GAM menyatakan bahwa mereka telah membubarkan sayap militer dari organisasi, dan Pemerintah Indonesia telah ditarik sebagian besar pasukan keamanan turun ke level yang disepakati. On December 11, 2006, Aceh held gubernatorial and district administrative elections, the first democratic elections in over half a century in Aceh, resulting in the election of a former separatist leader as governor. Pada tanggal 11 Desember 2006, Aceh mengadakan pemilihan kabupaten administratif dan gubernur, pemilu demokratis pertama di lebih dari setengah abad di Aceh, sehingga dalam pemilihan pemimpin separatis mantan sebagai gubernur. In 2009, Aceh participated in the national legislative and presidential elections and elected its own provincial legislature. Pada tahun 2009, Aceh berpartisipasi dalam pemilihan legislatif dan
presiden terpilih legislatif nasional dan provinsi-nya sendiri.

Zaman di Indonesia

            Pada dasarnya, Indonesia memiliki banyak jamna sesua dengan perubahan masanya dan kekuasaan.
1.      Zaman Batu adalah masa zaman prasejarah yang luas, ketika manusia menciptakan alat dari batu (karena tak memiliki teknologi yang lebih baik). Kayu, tulang, dan bahan lain juga digunakan, tetapi batu (terutama flint) dibentuk untuk dimanfaatkan sebagai alat memotong dan senjata. Istilah ini berasal sistem tiga zaman. Zaman Batu sekarang dipilah lagi menjadi masa Paleolitikum, Mesolitikum,megalithikum dan Neolitikum, yang masing-masing dipilah-pilah lagi lebih jauh
2.      Zaman Perunggu adalah masalah dalam perkembangan sebuah peradaban ketika kerajinan logam yang paling maju telah mengembangkan teknik melebur tembaga dari hasil bumi dan membuat perunggu. Zaman Perunggu adalah bagian dari sistem tiga zaman untuk masyarakat prasejarah dan terjadi setelah Zaman Neolitikum di beberapa wilayan di dunia. Di sebagian besar Afrika subsahara, Zaman Neolitikum langsung diikuti Zaman Besi.Sebagian besar perkakas perunggu yang tersisa adalah alat atau senjata, meskipun ada beberapa artefak ritual yang tersisa.Waktu dimulainya Zaman Perunggu berbeda-beda pada setiap kebudayaan.
3.      Zaman Besi adalah periode utama terakhir dalam sistem tiga zaman untuk mengklasifikasi masyarakat prasejarah, yang didahului oleh Zaman Perunggu. Waktu berlangsung dan konteks zaman ini berbeda, tergantung pada negara atau wilayah geografis. Secara klasik, Zaman Besi dianggap dimulai pada Zaman Kegelapan Yunani pada abad ke-12 SM dan Timur Tengah Kuno, abad ke-11 SM di India, dan antara abad ke-8 SM (Eropa Tengah) dan abad ke-6 SM (Eropa Utara) di Eropa. Zaman Besi dianggap berakhir dengan kebangkitan kebudayaan Hellenisme dan Kekaisaran Romawi, atau Zaman Pertengahan Awal untuk kasus Eropa Utara.

Sistem Pemerintahan
Sistem berarti suatu keseluruhan yang terdiri atas beberapa bagian yang mempunyai hubungan fungsional.
Pemerintahan dalam arti luas adalah pemerintah/ lembaga-lembaga Negara yang menjalankan segala tugas pemerintah baik sebagai lembaga eksekutif, legislative maupun yudikatif.
  1. system pemerintahan Presidensial
merupakan system pemerintahan di mana kepala pemerintahan dipegang oleh presiden dan pemerintah tidak bertanggung jawab kepada parlemen (legislative). Menteri bertanggung jawab kepada presiden karena presiden berkedudukan sebagai kepala Negara sekaligus kepala pemerintahan.
Contoh Negara: AS, Pakistan, Argentina, Filiphina, Indonesia.
Ciri-ciri system pemerintahan Presidensial:
1. Pemerintahan Presidensial didasarkan pada prinsip pemisahan kekuasaan.
2. Eksekutif tidak mempunyai kekuasaan untuk menyatu dengan Legislatif.
3. Kabinet bertanggung jawab kepada presiden.
4. eksekutif dipilih melalui pemilu.
  1. system pemerintahan Parlementer
merupakan suatu system pemerintahan di mana pemerintah (eksekutif) bertanggung jawab kepada parlemen. Dalam system pemerintahan ini, parlemen mempunyai kekuasaan yang besar dan mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap eksekutif. Menteri dan perdana menteri bertanggung jawab kepada parlemen.
Contoh Negara: Kerajaan Inggris, Belanda, India, Australia, Malaysia.
Ciri-ciri dan syarat system pemerintahan Parlementer:
1. Pemerintahan Parlementer didasarkan pada prinsip pembagian kekuasaan.
2. Adanya tanggung jawab yang saling menguntungkan antara legislatif dengan eksekutif, dan antara presiden dan kabinet.
3. Eksekutif dipilih oleh kepala pemerintahan dengan persetujuan legislatif.

Konstitusi
Konstitusi (Latin constitutio) dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara - biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis - Dalam kasus bentukan negara, konstitusi memuat aturan dan prinsip-prinsip entitas politik dan hukum, istilah ini merujuk secara khusus untuk menetapkan konstitusi nasional sebagai prinsip-prinsip dasar politik, prinsip-prinsip dasar hukum termasuk dalam bentukan struktur, prosedur, wewenang dan kewajiban pemerintahan negara pada umumnya, Konstitusi umumnya merujuk pada penjaminan hak kepada warga masyarakatnya. Istilah konstitusi dapat diterapkan kepada seluruh hukum yang mendefinisikan fungsi pemerintahan negara. Untuk melihat konstitusi pemerintahan negara tertentu, lihat daftar konstitusi nasional.
Dalam bentukan organisasi konstitusi menjelaskan bentuk, struktur, aktivitas, karakter, dan aturan dasar organisasi tersebut.

Sistem politik
Dalam perspektif sistem, sistem politik adalah subsistem dari sistem sosial. Perspektif atau pendekatan sistem melihat keseluruhan interaksi yang ada dalam suatu sistem yakni suatu unit yang relatif terpisah dari lingkungannya dan memiliki hubungan yang relatif tetap di antara elemen-elemen pembentuknya. Kehidupan politik dari perspektif sistem bisa dilihat dari berbagai sudut, misalnya dengan menekankan pada kelembagaan yang ada kita bisa melihat pada struktur hubungan antara berbagai lembaga atau institusi pembentuk sistem politik. Hubungan antara berbagai lembaga negara sebagai pusat kekuatan politik misalnya merupakan satu aspek, sedangkan peranan partai politik dan kelompok-kelompok penekan merupakan bagian lain dari suatu sistem politik. Dengan mengubah sudut pandang maka sistem politik bisa dilihat sebagai kebudayaan politik, lembaga-lembaga politik, dan perilaku politik.
Model sistem politik yang paling sederhana akan menguraikan masukan (input) ke dalam sistem politik, yang mengubah melalui proses politik menjadi keluaran (output). Dalam model ini masukan biasanya dikaitkan dengan dukungan maupun tuntutan yang harus diolah oleh sistem politik lewat berbagai keputusan dan pelayanan publik yang diberian oleh pemerintahan untuk bisa menghasilkan kesejahteraan bagi rakyat. Dalam perspektif ini, maka efektifitas sistem politik adalah kemampuannya untuk menciptakan kesejahteraan bagi rakyat.
Namun dengan mengingat Machiavelli maka tidak jarang efektifitas sistem politik diukur dari kemampuannya untuk mempertahankan diri dari tekanan untuk berubah. Pandangan ini tidak membedakan antara sistem politik yang demokratis dan sistem politik yang otoriter.
Lembaga Negara

Tugas Lembaga Negara

Tugas umum lembaga negara antara lain :
  1. Menjaga kestabilan atau stabilitas keamanan , politik , hukum , ham , dan budaya
  2. Menciptakan suatu lingkungan yang kondusif , aman , dan harmonis
  3. Menjadi badan penghubung antara negara dan rakyatnya
  4. Menjadi sumber insipirator dan aspirator rakyat
  5. Memberantas tindak pidana korupsi , kolusi , maupun nepotisme
  6. Membantu menjalankan roda pemerintahan negara

Dalam Negri

  1. DPR atau dewan perwakilan rakyat bertugas untuk menampung segala usulan dari rakyat
  2. MPR Majelis perwakilan rakyat dimana bertugas mengatur susunan amandemen / UUD 1945
  3. TNI Tentara Nasional Indonesia bertugas untuk mengatur keamanan dan stabilitas negara
  4. PN Pengadilan negeri bertugas untuk menghukum atau mengadili masalah masalah yang berkaitan dengan hukum perdata maupun hukum pidana
  5. KPK Komisi pemberantasan korupsi bertugas untuk memberantas para oknum / aparat yang melakukan tindak korupsi
  6. BPK Badan Pemeriksa Keuangan bertugas untuk memeriksa uang Negara.
Lembaga Negara-negara
Adapun artinya adalah lembaga yang anggotanya terdiri dari beberapa negara dan mempunyai fungsi menjaga kestabilan anggota-anggotanya . Dan Menciptakan suatu kerja sama regional antar negara anggota baik bilateral dan multiteral sehingga tercipta hubungan simbiosis mutualisme antar negara anggota contoh lembaga negara-negara adalah
  1. PBB Perserikatan bangsa-bangsa terdiri dari banyak negara di seluruh dunia dan berfungsi menjaga kestabilan politik , ekonomi , pangan , dan keamanan di seluruh dunia
  2. NATO Terdiri dari negara-negara superpower gabungan antara eropa dan amerika seperti amerika serikat , inggris dan rusia bertugas menjaga keamanan dan meningkatkan hubungan kerja sama regional antar amerika-eropa.dalam kenyataannya lebih bertugas menjaga keamanan di seluruh dunia atau bisa disebut juga "polisi dunia"
  3. ASEAN Association of South East Asia Nation adalah badan / lembaga negara-negara yang beranggotakan negara - negara di asia tenggara yang bertugas menjaga dan meningkatkan hubungan dan keharmonisan baik di bidang politik , sosial , budaya , ekonomi

Seringkali lembaga negara disalahartikan sebagai alat politik dan militer salah satu contohnya nato , nato dijadikan dalih uni eropa dan amerika sebagai alat militer untuk menyerang negara-negara timur tengah guna memonopoli minyaknya.Namun begitu , Nato mempunyai peran yang besar karena juga menjaga stabilitas ekonomi dunia

  • Ada juga jika terjadi suatu peperangan atau pertikaian dan konflik maka negara anggota suatu lembaga negara negara akan dibela sedangkan yang bukan akan dimusuhi atau dikenai sanksi
  • Seringkali PBB bukan menjadi perserikatan bangsa-bangsa akan tetapi amerika justru yang lebih mendominasi karena amerika merupakan salah satu pendiri pbb dan penyokong dana pbb oleh karena itu amerika bebas untuk melakukan intervensi kepada negara-negara yang sedang terjadi pertikaian dan bebas untuk menjatuhkan sanksi atau menyerang negara-negara yang dianggap membangkang / keluar dari jalur pbb

No comments:

Post a Comment